Tugas Awal

TUGAS PERDANA

MATA KULIAH  : ICT

DOSEN               : Dr. Hartoyo, M.A. Phd.

Nama Anggota Kelompok :

1.  Nur Kamala                                 0908056012

2.  Rita Melawati                             0908056016

3.  Sjatri Delvi                                  0908056019

4.  Umi Lestari                                 0908056023

PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. Dr. HAMKA BAHASA INDONESIA

TAHUN AKADEMIK 2009-2010

PERANAN TIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN

BAHASA INDONESIA

A.  PENDAHULUAN

Saat ini teknologi informasi dan komunikasi sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia, kemajuannya luar biasa terutama dalam bidang komputer baik desainernya maupun softwernya. Hampir setiap bulan para desainer, programmer, ahli dalam bidang teknologi komputer terus -menerus mengadakan penelitian dan pengembangan teknologi.

Bangsa Indonesia yang semakin besar tidak luput dari kemajuan teknologi informasi ini, walapun pada umumnya berada pada tataran konsumen/pemakaian yang kalah jauh dari negara tetangga yang sudah masuk pada tataran desainer teknologi dan produsen komponen-komponen informasi teknologi informasi terutama bidang komputer. Sehingga barang elektronik harganya terjangkau oleh masyarakat.

Untuk menyikapi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat tersebut, diperlukan adanya sumber daya yang handal agar negara kita tidak hanya menjadi pemakai teknologi, namun bisa berkembang menjadi “pencipta:” teknologi itu sendiri.

Saat ini para siswa di sekolah tingkat SD, SMP, SMA, sudah mulai diberi sebuah mata pelajaran yang berhubungan dengan teknologi informasi dan komunikasi yaitu mata pelajaran TIK, sehingga diharapkan para siswa setingkat SD,SMP,dan SMA  setidaknya sudah tidak asing dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi.

B.  PEMBAHASAAN

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang semakin hari semakin berkembang telah memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap dunia pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran. Dalam hal ini interaksi antara guru dan peserta didik tidak hanya dilakukan melalui hubungan tatap muka tetapi juga dilakukan dengan menggunakan media-media tersebut. Guru dapat memberikan layanan tanpa harus berhadapan langsung dengan peserta didik atau guru menggunakan alat bantu seperti video dan music yang dapat membuat anak merasa tidak bosan. Dengan menggunakan alat bantu video dan musik peserta didik dapat belajar dengan suasana yang tidak membosankan karena pada dasarnya peserta didik mempunyai daya pikir sendiri untuk dapat mengembangkan kemampuannya dalam memperoleh informasi dari yang dipelajarinya. Sedangkan dengan menggunakan media lain seperti komputer peserta didik dapat juga memperoleh informasi dalam lingkup yang lebih luas dari berbagai sumber melalui ruang maya dengan menggunakan internet. Hal yang paling mutakhir adalah berkembangnya apa yang disebut “cyber teaching” atau pengajaran maya, yaitu proses pengajaran yang dilakukan dengan menggunakan media teknologi komunikasi dan informasi khususnya internet.

Teknik belajar dengan menggunakan alat bantu audio atau video
pembelajaran yang baik agar para siswa bisa lebih mudah memahami pembelajaran tentang teknologi informasi dan komunikasi.

Khusus dalam pembelajaran Bahasa Indonesi, ,kehadiran TIK sangat diperlukan karena memiliki pengaruh dalam menunjang keberhasilan proses dan hasil belajar. Pada proses pembelajaran, misalnya pada aspek membaca, kita dapat menjelajah sumber bacaan terkini melalui browsing internet. Hal ini menjadikan siswa tergerak dan termotivasi untuk mendapatkannya daripada melalui buku -buku pelajaran yang informasinya terbatas dan bersifat monoton sedangkan melalui internet mereka bebas menjelajahi  segala informasi yang mereka inginkan. Dengan tidak terlepas dari bimbingan dan pengarahan guru, siswa mendapatkan sumber bacaan yang beragam dengan tema yang sama.

Setelah mendapatkaan bacaan dari sumber yang berbeda dengan tema yang sama, siswa dapat menentukan gagasan pokok, membuat pertanyaan, berikut jawabaan dari bacaan, serta kesimpulan. Pada saat pembahasan mereka bisa menayangkan hasil kerja mereka melalui LCD yang berada di kelas.

Pada aspek menulis, misalnya menulis teks berita, guru dapat menayangkan contoh-contoh teks berita. Pada saat latihan,  guru menayangkan contoh-contoh liputan peristiwa dan kegiatan. Siswa akan lebih tertarik melihat tayangan gambar daripada yang hanya mengandalkan penjelasan-penjelasan guru tentang sebuah peristiwa dan kegiatan.

Dari contoh-contoh gambar yang ditayangkan siswa dapat mengembangkan teks berita sesuai gambar.Mereka bisa menyusun teks berita dengan lebih jelas dan rinci yang mengacu pada 5 W + 1 H.

Pada aspek mendengarkan, misalnya materi dialog  interaktif, guru tidak menerangkan secara teori atau ceramah, namun guru terbantu dengan adanya TIK dengan cara mendownload dan menayangkan dialog interaktif, seperti Kick Andy ( Metro TV ), Just Alvin ( Metro TV), Satu Jam Bersama ( TV One ). Melalui tayangan tersebut,  siswa dapat menentukan tema, merangkum informasi yang disampaikan oleh narasumber, membedakan kalimat fakta dan pendapat yang disampaikan oleh narasumber, siswa juga dapat mengomentari kalimat pendapat yang disampaikan oleh narasumber. Tidak hanya itu  saja, siswa juga bisa menyimpulkan isi dialog interaktif. Yang telah mereka simak bersama-sama.

Pada aspek berbicara, misalnya materi laporan perjalanan, siswa dapat mendownload laporan perjalanan. Masing-masing kelompok menyampaikan laporan perjalanan  disertai dengan  rekaman video hasil kunjungan mereka ke suatu objek wisata. Dari laporan yang disampaikan oleh masing-masing kelompok, siswa akan lebih mengenal objek wisata tersebut meskipun mereka belum pernah mengunjungi objek wisata tersebut.

  1. Faktor Pendukung Penggunaan TIK
  2. Peserta didik  merasa senang dan tidak bosan  dengan materi yang diajarkan karena menggunakan alat bantu seperti video, audio dan juga dapat menggunakan alat bantu seperti komputer bagi sekolah yang sudah mempunyai peralatan komputer

2. Dengaan adanya TIK dapat mempersingkat waktu pembelajaran dan membuat biaya studi lebih ekonomis

3. Mempermudah interaksi antara peserta didik dengan bahan/ materi, peserta didik dengan guru maupun sesama peserta didik.

4. Peserta didik dapat saling berbagi informasi dan dapat mengakses bahan-bahan belajar setiap saat dan berulang-ulang, dengan kondisi yang demikian itu peserta didik dapat lebih memantapkan penguasaannya terhadap materi pembelajaran.

5. Kehadiran guru tidak mutlak diperlukan

6. Guru akan lebih mudah :

a. Melakukan pemutakhiran bahan-bahan belajar yang menjadi tanggung jawabnya   sesuai dengan tuntutan perkembangan keilmuan yang mutakhir

b. Mengembangkan diri atau melakukan penelitian guna meningkatkan wawasannya

c. Mengontrol kegiatan belajar peserta didik.

b. Faktor Penghambat Penggunaan TIK

1. Guru banyak yang belum siap menggunakan metode TIK dan masih mengajar menggunakan metode ceramah serta belum terampil menggunakan fasilitas seperti video dan komputer.

2. Pada sekolah tertentu terutama yang berada di daerah, akan memerlukan investasi yang mahal untuk mengimplementasikan penggunaan TIK

3. Siswa yang tidak mempunyai motivasi belajar yang tinggi cenderung gagal.

4. Keterbatasan jumlah komputer yang dimiliki oleh sekolah akan menghambat pelaksanaan pembelajaran TIK

5. Bagi orang yang gagap teknologi, sistem ini sulit untuk diterapkan.

Nama Anggota Kelompok :

  1. Nur Kamala                                                 0908056012
  2. Rita Melawati                                              0908056016
  3. Sjatri Delvi                                                  0908056019
  4. Umi Lestari                                                  0908056023

PROGRAM STUDI BAHASA INDONESIA

PASCASARJANA UHAMKA JAKARTA

(SEMESTER III)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s